Friends

Monday, November 22, 2010

5 Bahaya dari aktifitas Copy-Paste

Setiap hal yang kita lakukan di Dunia ini pastilah akan ada akibatnya, begitu juga dengan budaya Illegal yang sudah berkembang pesat didalam dunia per-blogg-an, yaitu Copy-Paste, yang terlihat sederhana namun memiliki "Akibat" yang sangat fatal untuk blog mereka.

Sebenarnya, kalau boleh jujur, memang benar bahwa Copy-Paste adalah cara-cara termudah untuk memiliki Artikel yang dicari oleh orang (Apabila Artikel yang Dicopy-kan sedang Hot Trend), otomatis, jumblah visitor yang berkunjung kedalam Blog kita akan bertambah.

Menurut saya, karena hal inilah mengapa Budaya Copy-Paste menjadi sesuatu yang sangat-sangat disukai oleh para Blogger Newbie (Saja juga masih Newbie lho, itulah mengapa saya tahu ^_^) karena, tanpa perlu susah-susah untuk merangkai kata-kata yang mudah dimengerti oleh pembaca, mereka bisa mendapatkan Visitor, hanya dari sebuah tindakan Illegal, yaitu Copy-Paste.

Seperti pada saat seorang yang baru pertamakali Mencuri, tentu perasaan yang mereka rasakan pertamakali adalah "Wah, seneng banget, gua gak kerja, tapi dapet uang banyak" namun, mereka tidak memikirkan Bahaya selanjutnya dari aktifitas mencuri mereka itu, yaitu Hukuman penjara (Kalau ditangkap oleh Polisi) atau minimal Dipukuli Massa (Apabila ditangkap oleh Masyarakat).

Nah, begitupun dengan aksi keji Illegal Copy-Paste, yang sebenarnya lebih banyak menimbulkan kesengsaraan dibandingkan dengan kesenangan karena sudah memiliki Artikel berbobot yang mengakibatkan membludaknya Visitor, berikut ini akan saya beberkan beberapa yang saya tahu (Atau minimal saya rasakan ^_^)

  • SERP anda menurun
Tentu bukan hal yang baik apabila Search Engine Result Page (atau SERP) suatu Keyword yang memilih Blog kita untuk dijadikan sebagai kandidat pertama didalam Search Engine, tiba-tiba karena hanya karena melakukan Copy-Paste, mengakibatkan SERP kita menurun?

Sebab: Search Engine akan mengindeks mana-mana Blog yang sering melakukan Copy-Paste dan tidak, Nah, untuk Blog yang sering melakukan Copy-Paste, akan dikategorikan sebagai blog Duplicate Content, alias Konten yang isinya sama dengan isi Blog lain.

Search Engine sangatlah tidak menyukai sebuah blog dengan predikat Duplicate Content, karena hanya akan banyak membebani Server mereka, So berakibat dengan "Dimusnahkannya" sebuah Keyword yang cukup penting bagi perkembangan Blog anda.

Solusi: Meskipun Artikel yang ingin anda buat sudah terlebih dahulu dibuat oleh orang lain, usahakan agar Artikel yang anda buat semenarik dan sebeda mungkin dari Blog tersebut, sehingga Blog anda tidak di Cap sebagai Duplicate Conten dan malah akan mengakibatkan terjadinya persaingan Artikel yang sama didalam Search Engine.

  • Memuat pikiran anda Tumpul
Semakin anda sering melakukan Copy-Paste, semakin anda akan tenggelam kedalamnya, mengapa? Karena Copy-Paste itu adalah sebuah Candu yang sangat susah untuk dihindari, sehingga anda tidak pernah berfikir bagaimana caranya membuat sebuah Artikel yang menarik dan dibutuhkan oleh orang lain, yang mengakibatkan Otak anda tidak pernah berfikit lebih jauh lagi.

Tentu saja, membuat sebuah Artikel yang menarik dan dibutuhkan oleh orang lain sangatlah sulit, karena setiap orang memiliki pikirannya masing-masing dan pastilah akan ada saja sebuah Kontroversi, jadi, dalam hal ini, tergantung kemampuan dan kreatifitas sang pemilik Blog.

Solusi: Ada baiknya, sebelum anda membuat sebuah Artikel, terlebih dahulu anda buat sebuah "Konsep" awal Artikel yang ingin anda buat, entah ditulis di Buku, Notepad, Microsoft Word, dll, yang jelas, anda membangun sebuah konsep yang meliputi:
  1. Tema Artikel. Sudah hal mutlak bagi setiap Blogger yang akan membuat sebuah Artikel harus memiliki sebuah Tema untuk Artikel yang akan dibuatnya, meskipun kendala yang akan menimpa anda adalah minimnya Ide yang anda (Atau kita) punya.
  2. Bahasa. Karena inilah aspek terpenting harus dimiliki semua Orang untuk merkomunikasi, otomatis, anda harus membuat Artikel dengan bahasa yang mudah dimengerti dan atraktif oleh Pembaca, karena, apabila bahasa yang anda gunakan Alay atau membosankan, tentu saja Blog anda akan menjadi "Sarang Setan" alias Kosong.
  3. Tanda baca. Meskipun terlihat sangat sederhana, tetapi, cobalah untuk menjadi Orang Indonesia yang baik dengan cara menghormati orang lain, minimal dengan menambahkan Tanda Baca yang EYD didalam Artikel anda, coba anda bayangkan, apabila artikel yang anda baca tidak mempunyai Spasi?
  •  Susah mempertanggungjawabkan Artikel
Bagi sebagian para master Copy-Paste, prinsip yang mereka pegang dengan teguh adalah "Meskipun tidak mengerti hal apa yang mereka Copy-Paste, yang penting Artikel yang mereka Copy menghasilkan banyak pengunjung" Padahal, Prinsip yang mereka pegang ini akan menjerumuskan Blog anda kedalam Zona "Ketidak percayaan Pembaca".

Masih aman apabila anda mengerti "Tentang apa" Artikel yang anda Copy-Paste, sehingga sedikit-sedikit, anda bisa mencerna apakah yang pembuat Artikel itu tulis, sehingga anda bisa mengantisipasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan muncul, namun, berbahaya bagi orang-orang yang hanya sekedar Copy-Paste tanpa mengerti inti dari permasalahan yang sedang dirinya bahas didalam Artikel tersebut.
Diatas adalah pertanyaan dari seorang Pembaca bernama achsan_stendz pada tanggal 12 September 2010 dalam Artikel "Menjadikan IDM Full Version tanpa Kode Lisensi" (Baca Artikel) yang menanyakan kenapa file ini tidak bisa di Save di folder ETC?
Karena memang Artikel tersebut bukan hasil Copy-Paste dan saya juga sudah berhasil melakukan tindakan Illegal tersebut (Menjadikan IDM Full Version tanpa kode Lisensi, lho, bukannya Copy-Paste ^_^) maka saya bisa dengan mudah menjawab pertanyaan yang muncul dengan mudah.

  • Tali persahabatan antar Blogger menjadi Putus
Untuk sebagian Blogger, aksi Copy-Paste adalah sebuah tindakan keji yang tidak bisa terampuni (Extrim) karena jerih payah susah mereka dengan gampangnya di Copy-Paste tanpa sepengetahuan dirinya, yang menyebabkan berburuk sangka dan permusuhan antar Blogger, sehingga tali persahabatan andat Blogger akan putus akibat aktifitas Illegal tersebut.

Tidak salah juga orang yang di Copy-Paste-kan Artikelnya marah, karena dengan seenaknya orang lain menyebarkan hasil pemikiran orang tersebut tanpa Izin.

Solusi: Apabila anda ingin sekali melakukan Copy-Paste suatu Artikel yang anda angga cukup berbobot, mintnalah terlebih dahuli izin kepada yang punya Blog tersebut, setidaknya hal itu akan membuat anda lebih terlihat "Menjaga Privacy orang lain" sehingga, anda akan mendapatkan Respect dari orang lain.

Namun, apabila ternyata permintaan Copy-Paste anda ditolak mentah-mentah oleh pemilik Sah-nya, janganlah marah-marah tidak karuan, sampai-sampai menghancurkan Laptop Inventaris Kantor anda ^_^, semua itu adalah mutlak keputusan dan kebijaksanaan dari sang pemilik Blog.

  • Tidak mendapatkan Respect dari Pembaca
Apabila anda terlalu sering melakukan pembajakan alias Copy-Paste, maka tidak akan ada Pembaca blog andayang memberikan rasa Respect mereka terhadap Artikel anda, mengapa? Karena ya tentu saja itu bukan hasil jerih-payah pemikiran anda, namun hanya hasil Copy-Paste.

Jadi, saya menyarankan anda agak sedikit-demi sedikit menghentikan kebiasaan buruk yang entah mengapa selalu turun-menurup dari generasi-ke-generasi Blogger setiap tahunnya, marilah kita menjadi orang pertama yang meninggalkan Budaya buruk ini, Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

#
### ###