Friends

Wednesday, October 27, 2010

Pilihan Tipe Network pada VirtualBox


Pada saat menggunakan VirtualBox, terdapat pilihan tipe Network yang digunakan Sistem Operasi(SO) virtual. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai pilihan-pilihan tersebut. Namun perlu diketahui sebelumnya, bahwa VirtualBox dapat membuat sampai dengan 4 kartu jaringan pada 1(satu) SO virtual.
Not Attached
Pilihan ini agak jarang digunakan yaitu jika anda tidak ingin menggunakan interface jaringan, sehingga SO virtual tidak dapat mengenali hardware kartu jaringan apapun.
NAT
Pilihan ini merupakan pilihan default pada saat pertama kali membuat SO virtual. Dengan pilihan ini SO virtual dapat berkomunikasi dengan jaringan nyata, namun SO virtual tidak dapat diakses melalui jaringan nyata. Hal ini dikarenakan SO virtual ‘numpang’ menggunakan IP kartu jaringan SO utama.
Bridged Network
Pilihan ini akan membuat SO virtual dapat mengakses dan dapat diakses melalui jaringan nyata layaknya komputer umumnya.
Internal Network
Pilihan ini akan membuat SO virtual hanya dapat mengakses dan dapat diakses internal jaringan virtual, sehingga tidak dapat diakses maupun mengakses jaringan nyata.
Host-only Adapter
Pilihan ini akan membuat SO virtual hanya dapat diakses oleh SO utama(host) dan SO virtual lainnya yang juga menggunakan Host-only Adapter. Pilihan ini menghasilkan sebuah interface vboxnet0 yang dapat digunakan untuk membuat jaringan eksperimen tanpa mengganggu jaringan nyata yang sudah ada.

  • Share/Bookmark

0 comments:

Post a Comment

#
### ###