Friends

Wednesday, October 27, 2010

MANAKAH YANG LEBIH BAIK, MEMORY CARD ATAU FLASHDISK?

Memory card dan flash disk merupakan alat penyimpanan data berbentuk microchip. Kehadirannya telah mampu menggeser media penyimpanan data terdahulu, yaitu disket. Memory card dan flashdisk memiliki bentuk yang relative kecil dan praktis, akan tetapi keduanya mampu menyimpan data dalam sekala besar. Jadi wajar saja kalau keduanya mampu menggeser kehadiran disket.

Sebenarnya memorycard dan flashdisk adalah alat penyimpanan data yang berbeda. Keduanya memiliki kelebihan dan keungulan tersendiri. Berikut ini adalah spesifikasi perbedaan keduanya.

1. Flashdisk hanya bisa dipakai pada komputer saja, sedangkan memory card bisa digunakan pada alat elektronik lainnya seperti HP, Camera digital dsb.
2. Flashdisk merupakan alat penyimpanan data yang praktis karena ia siap pakai, sedangkan memory card memerlukan media lain, yaitu card reader. Selain itu, karena jenisnya yang beraneka ragam, terkadang memerlukan card reader yang berbeda-beda pula.
3. Flashdisk adalah penyimpanan data yang kurang aman jika digunakan antar komputer. Sedangkan memory card bisa menangkal serangan virus dari komputer lain dengan menggunakan modus write protection.
4. Flashdisk harus di eject atau safe removeable terlebih dahulu sebelum dilepas dari komputer. Tujuannya agar menjaga keamanan data. Sedangkan memorycard bisa langsung di lepas tanpa harus di eject atau safe removeabla terlebih dahulu.

Itulah perbedaan antara flash disk dan memory card. Menurut anda, manakah yang lebih baik? Pastinya jawaban anda akan sesuai dengan kebutuhan anda. Sekian informasi seputar memory card dan flashdisk, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

#
### ###