Friends

Wednesday, October 27, 2010

Gambaran Proses Boot Sistem Operasi Linux


Berikut adalah gambaran proses boot dari awal menyalakan komputer hingga Linux siap dipakai.
1. BIOS
BIOS adalah software juga yang pertama kali dijalankan ketika pertama kali komputer menyala.
2. Boot Loader
Boot Loader pada Linux pada umumnya dikenal GRUB dan LILO. File konfigurasi GRUB adalah /boot/grub/menu.lst. Sebenarnya file ini hanyalah soft link dari file grub.conf yang juga terdapat pada folder yang sama.
3. Kernel
Kernel Linux dapat dilihat pada folder /boot yaitu file vmlinuz-2.6.x dimana x adalah versi release dari linux. Selain itu juga ada file initrd-2.6.x yang digunakan untuk mengaktifkan RAM sebagai disk/media sementara pada saat booting. Kemudian folder-folder yang terkait adalah folder /lib/modules/2.6.x yang berisi driver/module yang dibutuhkan kernel.
4. Init/Run Level
Menentukan mode initial boot Linux yang akan dipilih. Untuk pengaturannya pada file /etc/inittab.
5. Service
Setelah ditentukan init/runlevel berapanya, maka akan dijalankan service sesuai dengan Init/Run Level tersebut. Untuk pengaturannya pada folder /etc/rcX.d dimana X adalah angka init/runlevelnya. Selain itu untuk menjalankan service secara manual pada folder /etc/init.d.
6. /etc/rc.local
Ini adalah file/script terakhir yang akan dijalankan pada Linux. File ini dapat diisikan perintah-perintah spesifik yang ingin dijalankan pada saat awal menjalankan Linux.

0 comments:

Post a Comment

#
### ###