Friends

Wednesday, October 27, 2010

Penyebab CPU Mati dan solusinya

CPU Mati"CPU Mati" merupakan Masalah besar pada sebuah komputer. Sebab CPU adalah salah satu Hardware utama yang sangat penting dalam komputer. CPU terdiri dari beberapa komponen seperti Motherboard, Processor, harddisk dll. Ukuran dan model CPU sangat beragam. Mulai dari yang Type tower, horizontal sampai CPu yang berukuran kecil.

Deskripsi CPU

Kemampuan CPU tergantung pada kecepatan dan kapasitas komponen didalamnnya. Selain itu keseimbangan komponen tersebut mempengaruhi stabilitas sebuah CPU. Kecepatan Processor yang tinggi tak akan bekerja dengan baik jika tidak di imbangi dengan Kapasitas RAM yang memadai.

Penyebab CPU Mati dan Solusinya

Jika semua kompunen terpasang dengan baik. Maka CPU pun akan bekerja dengan baik. Namun jika ada sedikit masalah, maka CPU bisa saja berkerja dengan buruk bahkan bisa sampai mati. Berikut ini ada beberapa penyebab kenapa CPU mati:

1. Kabel Tombol Power tidak terpasang. Solusinya ialah dengan mencari Jack dari kabel Power pada Casing CPU dan memasangkannya pada PIN Power pada
Motherboard.
2. Power Supply tidak berfungsi. Solusinya ialah dengan memastikan apakah kabel Power sudah tersambung dengan listrik dan saklarnya pada Posisi ON. Jika masih tidak hidup, matikan aliran listrik, lalu coba gunakan indra penciuman, jika tercium bau sesuatu yang terbakar, itu artinya power supply sudah tidak berfungsi, namun biasanya keruksakan tersebut masih bisa di perbaiki.
3. Ada beberapa kabel belum terpasang dengan baik. Cek dan pastikan semuanya terpasang dengan baik termasuk kabel Power Supply.

Ketiga point diatas adalah langkah awal ketika menghadapai masalah CPU mati. Inti dari langkah pertama diatas adalah memeriksa aliran listrik dari luar dan dalam CPU.

Namun bagaimana jika Lampu CPU menyala, tapi CPU tidak berfungsi? Seperti tidak ada suara beep, atau tampilan blank di monitor. Biasanya ini terjadi dikarenakan processor tebakar, penyebab detailnya kenapa processor bisa terbakar silahkan klik disini.

Mudah-mudahan tips komputer barusan bisa sedikitnya membantu masalah anda. Jangan lupa untuk berlangganan tips komputer lainnya langsung dikirim ke email anda. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 comments:

Post a Comment

#
### ###