Friends

Friday, November 12, 2010

ANTARMUKA BERBASIS WINDOWS DAN UNDER DOS

#.ANTAR MUKA UNDER DOS
Sistem DOS menggunakan antarmuka baris perintah. Program dimulai dengan memasukkan mereka nama file pada prompt perintah. sistem DOS termasuk beberapa program utilitas sistem, dan memberikan perintah tambahan yang tidak sesuai dengan program (perintah internal). Semua sistem operasi MS-DOS-tipe dijalankan pada komputer dengan CPU Intel x86 atau yang kompatibel, terutama PC IBM dan kompatibel. versi Mesin-tergantung dari MS-DOS yang diproduksi untuk banyak mesin berbasis x86 non-IBM-kompatibel, dengan variasi dari relabelling dari distribusi Microsoft di bawah nama produsen, untuk versi yang khusus dirancang untuk bekerja dengan hardware non-IBM-PC yang kompatibel . DOS pendahulu DOS-C / NT berlari pada Motorola 68000 CPU.
DOS adalah pengguna-tunggal, single-task sistem operasi dengan fungsi kernel dasar yang non-reentrant: hanya satu program pada suatu waktu dapat menggunakannya. Ada pengecualian dengan Memutus dan Stay Resident (TSR) program, dan beberapa TSRs dapat memungkinkan multitasking. Namun, masih ada masalah dengan kernel non-reentrant: sekali proses panggilan layanan dalam operasi kernel sistem (system call), harus tidak terganggu dengan proses lain memanggil system call, sampai panggilan pertama selesai .
Kernel DOS menyediakan berbagai fungsi untuk program (antarmuka program aplikasi), seperti menampilkan karakter di layar, membaca karakter dari keyboard, mengakses file disk dan banyak lagi.
DOS secara default menyediakan kemampuan primitif untuk scripting shell, melalui file batch (dengan nama file ekstensi BAT.). Ini adalah file teks yang dapat dibuat di editor teks apapun DOS, seperti MS-DOS Editor. Mereka dieksekusi dengan cara yang sama sebagai program dikompilasi, dan menjalankan setiap baris dari file batch sebagai perintah. Batch file juga dapat menggunakan beberapa perintah internal, seperti goto dan pernyataan bersyarat [3] gosub dan aritmatika sederhana didukung di beberapa kerang pihak ketiga, tetapi juga bisa palsu melalui workarounds aneh;. Namun, tidak ada bentuk nyata dari pemrograman adalah biasanya diaktifkan.
Sistem operasi menawarkan lapisan abstraksi perangkat keras yang memungkinkan pengembangan aplikasi berbasis karakter, tapi tidak untuk mengakses sebagian besar perangkat keras, seperti kartu grafis, printer, atau tikus. Programmer ini diperlukan untuk mengakses hardware secara langsung, biasanya mengakibatkan setiap aplikasi setelah menetapkan sendiri device driver untuk setiap perangkat keras. Hardware produsen akan merilis spesifikasi untuk memastikan driver perangkat untuk aplikasi populer yang tersedia.
Skema penamaan drive ..
Pada DOS, drive disebut dengan mengidentifikasi huruf. Standar praktik adalah untuk cadangan “A” dan “B” untuk drive floppy. Pada sistem dengan hanya satu DOS floppy drive menugaskan kedua surat itu ke drive, mendorong pengguna untuk swap disk sebagai program akses alternatif antara mereka. Hal ini memudahkan menyalin dari floppy ke floppy atau memiliki program yang dijalankan dari satu floppy saat mengakses data yang lain. Hard drive awalnya ditugaskan huruf “C” dan “D”. DOS hanya dapat mendukung satu partisi aktif per drive. Sebagai dukungan untuk hard drive yang lebih menjadi tersedia, ini berkembang menjadi yang pertama menetapkan sebuah huruf drive untuk partisi aktif utama setiap drive, kemudian membuat lulus kedua atas drive untuk mengalokasikan surat ke drive logis dalam partisi extended, maka lulus ketiga untuk memberikan lainnya primer partisi non-aktif nama-nama mereka (dimana partisi tambahan seperti itu ada dan berisi file system DOS-didukung.) Terakhir, DOS mengalokasikan huruf untuk drive cakram optik, disk RAM, dan perangkat keras lainnya. Surat tugas biasanya terjadi dalam urutan driver dimuat, tetapi driver dapat menginstruksikan DOS untuk menetapkan surat yang berbeda; driver untuk drive jaringan, misalnya, biasanya memberikan surat dekat akhir alfabet.
Karena aplikasi DOS menggunakan huruf drive langsung (tidak seperti direktori dev / dalam sistem Unix-like), mereka dapat terganggu dengan menambahkan hardware baru yang membutuhkan huruf drive. Contohnya adalah penambahan hard drive baru yang memiliki partisi utama dimana hard drive yang sudah ada sebelumnya berisi drive logis dalam partisi diperpanjang; drive baru akan diberi surat yang sebelumnya ditugaskan ke salah satu drive partisi extended logis. Selain itu, bahkan menambahkan hard drive baru yang hanya memiliki drive logis dalam partisi extended masih akan mengganggu huruf disk RAM dan drive optik. Masalah ini tetap bertahan melalui versi Windows 9x sampai NT, yang mempertahankan huruf drive yang ada sampai perubahan pengguna mereka.

Reserved device names..
Ada reserved nama perangkat ini di DOS yang tidak dapat digunakan sebagai nama file tanpa ekstensi; ini digunakan untuk mengirim output aplikasi untuk periferal hardware. Pembatasan ini juga mempengaruhi beberapa versi Windows, dalam beberapa kasus menyebabkan crash dan kerentanan keamanan.
Sebuah daftar sebagian nama-nama ini dicadangkan: NUL:, COM1: atau AUX:, COM2:, COM3:, COM4:, CON:, LPT1: atau PRN:, LPT2:, LPT3:, dan CLOCK$.
Urutan Boot..
* Sektor boot pada komputer PC yang kompatibel (MBR) terletak di trek nol. Sektor boot pada semua perangkat disk yang kemudian pada gilirannya dimuat ke memori C00 segmen 0000:7, dan jika sektor ini berisi nilai “0xAA 0×55″ di 0x1FE posisi, itu dianggap sah dan dijalankan. Pada harddiscs masing-masing dari empat partisi yang dicari untuk partisi aktif (bit-7 = 1 pada pos 0x1BE 0×10 n *).
* Muatan kode boot sector DOS BIOS ke dalam segmen 0000:0600;. Yang terletak di file IO.SYS pada sistem MS-DOS [8] Dalam beberapa kasus, boot sector bukan merelokasi dirinya ke dalam 0000:0600 dan memuat partisi boot kode ke C00 0000:7 dan mengeksekusinya. [9]
* The DOS-BIOS kemudian akan memuat kernel DOS, yang terletak di MSDOS.SYS pada sistem MS-DOS. Dalam kernel-DOS Windows 9x, yang DOS BIOS dan kernel dikombinasikan dalam IO.SYS, dan MSDOS.SYS digunakan sebagai file konfigurasi teks.
* Kernel kemudian memuat file \ CONFIG.SYS untuk mengurai parameter konfigurasi. Variabel SHELL menentukan lokasi yang defaultnya shell \ COMMAND.COM.
* Shell diambil dan dijalankan.
. * The batch file startup AUTOEXEC.BAT ini kemudian dijalankan oleh shell DR [10] [11]-DOS memungkinkan spesifikasi dari file batch startup melalui parameter dalam laporan SHELL [12] [13]:. 392
BIOS dan file kernel dimuat oleh boot sector harus berbatasan dan menjadi dua entri pertama direktori [14] Dengan demikian,. Menghapus dan menambahkan file ini kemungkinan untuk membuat media unbootable. Akan tetapi, mungkin untuk mengganti shell di akan, sebuah metode yang dapat digunakan untuk memulai pelaksanaan aplikasi khusus yang lebih cepat.
Origins.
IBM PC-DOS (dan MS dijual terpisah-DOS, yang berlisensi daripadanya) dan pendahulunya, 86-DOS, yang longgar terinspirasi oleh / CP Digital Research M (Control Program / [untuk] Microcomputers), yang merupakan disk yang dominan sistem operasi untuk 8-bit Intel 8080 dan Zilog Z80 berbasis mikrokomputer. PC-DOS berjalan pada 8088 (16-bit) dan di atas.
Ketika IBM memperkenalkan mikrokomputer pertama mereka pada tahun 1980, dibangun dengan mikroprosesor Intel 8088, mereka membutuhkan sebuah sistem operasi. Mencari sebuah 8088-kompatibel membangun CP / M, IBM awalnya mendekati CEO Microsoft Bill Gates (mungkin percaya bahwa Microsoft dimiliki CP / M karena Microsoft Z-80 SoftCard, yang memungkinkan CP / M untuk dijalankan pada Apple II [15] ). IBM dikirim ke Digital Research, dan pertemuan didirikan. Namun, negosiasi awal untuk menggunakan CP / M mogok-Digital Research ingin menjual CP / M secara royalti, sementara IBM mencari lisensi tunggal, dan mengubah nama menjadi “DOS PC”. DR pendiri Gary Kildall menolak, dan IBM menarik.
IBM lagi mendekati Bill Gates. Gates pada gilirannya mendekati Seattle Computer Products. Di sana, programmer Tim Paterson telah mengembangkan sebuah varian dari CP/M-80, dimaksudkan sebagai produk internal untuk pengujian baru SCP’s 16-bit Intel 8086 CPU kartu untuk bus-100 S. Sistem ini awalnya bernama “QDOS” (Quick and Dirty Operating System), sebelum dibuat secara komersial tersedia sebagai 86-DOS. Microsoft membeli 86-DOS, diduga sebesar $ 50.000. Hal ini menjadi Microsoft Disk Operating System, MS-DOS, yang diperkenalkan pada tahun 1981.
Microsoft juga berlisensi sistem mereka kepada perusahaan beberapa komputer, yang disediakan MS-DOS untuk hardware mereka sendiri, kadang-kadang dengan nama mereka sendiri. Microsoft kemudian diperlukan penggunaan nama MS-DOS, dengan pengecualian varian IBM. IBM terus mengembangkan versi mereka, PC DOS, untuk PC IBM [17] Digital Research menjadi. Menyadari bahwa sistem serupa dengan CP / M yang dijual oleh IBM (dengan nama yang sama yang IBM bersikeras untuk CP / M) operasi , dan mengancam tindakan hukum. IBM merespon dengan menawarkan kesepakatan: mereka akan memberikan konsumen pilihan PC PC DOS atau CP/M-86, 8086 versi Kildall’s. Side-by-side, CP / M biaya hampir $ 200 lebih dari PC DOS, dan penjualan yang rendah. CP / M memudar, dengan MS-DOS dan PC DOS menjadi sistem operasi dipasarkan untuk PC dan PC kompatibel.
Digital Research berusaha untuk mendapatkan kembali pasar yang hilang dari CP/M-86; awalnya dengan DOS Plus, dan kemudian dengan DR-DOS (keduanya kompatibel dengan
MS-DOS dan CP/M-86 perangkat lunak). Digital Research dibeli oleh Novell, dan DR DOS menjadi Novell DOS 7; kemudian, itu adalah bagian dari Caldera Systems (di bawah nama OpenDOS dan DR DOS 7), Lineo, dan DeviceLogics.
Microsoft dan IBM kemudian memiliki serangkaian perselisihan dua pengganti sistem operasi ke DOS – Microsoft Windows dan IBM OS / 2 [18] Mereka split pengembangan sistem mereka DOS sebagai akibatnya [19] MS-DOS sebagian berubah menjadi Windows.. , versi terakhir DOS PC adalah PC DOS 2000, dirilis pada tahun 1998.
Proyek FreeDOS mulai 26 Juni 1994, ketika Microsoft mengumumkan akan tidak lagi menjual atau dukungan MS-DOS. Jim Hall kemudian posted a manifesto mengusulkan pengembangan pengganti open-source. Dalam beberapa minggu, programmer lain termasuk Pat Villani dan Tim Norman bergabung dengan proyek. kernel A, command.com perintah baris interpreter (shell) dan utilitas inti diciptakan oleh penyatuan kode mereka telah menulis atau ditemukan tersedia. Ada beberapa pra-rilis resmi distribusi dari FreeDOS sebelum FreeDOS distribusi 1.0 dirilis pada tanggal 3 September 2006. Made tersedia di bawah GNU General Public License (GPL), FreeDOS tidak memerlukan biaya lisensi atau royalti.
Dalam upaya untuk menyediakan lingkungan yang lebih ramah pengguna, produsen perangkat lunak banyak menulis program manajemen file yang memberikan pengguna dengan menu-dan / atau antarmuka berbasis ikon. Microsoft Windows adalah contoh yang terkenal, akhirnya menghasilkan 9x Microsoft Windows menjadi loader program mandiri, dan menggantikan DOS sebagai loader program yang paling sering digunakan PC yang kompatibel. program antarmuka pengguna Teks termasuk Norton Commander, Dos Navigator, Volkov Commander, Quarterdesk DESQview, dan sidekick. program antarmuka pengguna grafis termasuk Digital Research Graphical Lingkungan Manager (awalnya ditulis untuk CP / M) dan GEOS.
Akhirnya, produsen sistem DOS utama mulai termasuk manajer lingkungan mereka sendiri. MS-DOS/IBM DOS 4 termasuk DOS Shell DR-DOS 5, yang dirilis tahun depan, termasuk ViewMAX, berdasarkan GEM.

Multitasking ..
Dengan desain aslinya, DOS merupakan sistem operasi tugas tunggal. MS DOS dan PC akan memperkenalkan tugas switching dengan DOSShell. dan DR-DOS akan memasukkannya dengan DR-DOS 6, melalui perintah TaskMAX.
:320-324 MS DOS dan PC tidak pernah memiliki kemampuan multitasking;. DR-DOS memiliki kemampuan dengan DR-DOS 7 (asumsi DR-DOS itu berjalan dengan DPMI diaktifkan) Program seperti VMIX (shareware) atau DesqView (komersial) dapat multitask bahkan pada 8088, yang tidak memiliki dukungan hardware untuk multitasking karena kurangnya modus dilindungi.
Keterbatasan ..
Beberapa keterbatasan wabah arsitektur DOS. Microprocessor 8088 yang asli hanya bisa alamat 1 megabyte RAM fisik. Dengan perangkat keras tambahan yang dipetakan ke dalam rentang ini, jumlah tertinggi memori yang tersedia adalah 640 kilobyte, yang dikenal sebagai memori konvensional. Karena struktur DOS ‘, ini dianggap maksimal, dan DOS tidak bisa menangani lebih dari ini. Sebuah solusi awal diperluas memori; kemudian, memori diperluas dikembangkan dengan 80286. Sementara ini disediakan memori yang dapat digunakan untuk aplikasi, mereka masih harus mulai di memori konvensional, sehingga dengan menggunakan bagian dari 640 yang ada KB. Dengan mikroprosesor yang didesain ulang 80386 protected mode, Extenders DOS dan DOS Protected Mode Interface mampu menyediakan memori tambahan untuk aplikasi, serta multitasking.
DOS juga memiliki batas atas ukuran partisi hard disk. Ini memiliki dua penyebab. Pertama, banyak tipe sistem DOS tidak memiliki dukungan untuk sistem berkas yang lebih baru dari FAT16, yang, dengan desain, tidak mengizinkan partisi lebih besar dari 2,1 gigabyte [42] Selain itu,. DOS mengakses harddisk dengan menelepon Interrupt 13, yang memanfaatkan silinder-head-sektor sistem pemetaan disk. Di bawah sistem ini, hanya 8 gigabyte terlihat ke sistem operasi.
Sistem operasi lebih baru dicapai melalui akses disk berarti perangkat lunak, misalnya 32-bit akses disk.
Menggunakan FAT16 (dan FAT12 untuk disket) dibutuhkan penggunaan 8,3. Nama file di DOS tidak boleh lebih dari delapan karakter, dan ekstensi nama file tidak boleh lebih dari tiga. VFAT dipatenkan Win95′s hack bekerja di sekitar ini dengan cara yang unik.
#.ANTAR MUKA MICROSOFT WINDOWS.
Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface).
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama.
Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Sejarah Singkat Windows.

Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri – X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).

0 comments:

Post a Comment

#
### ###