Friends

Saturday, December 11, 2010

Strategi Promosi Online

Bisnis online di internet kian hari kian marak. Banyak sekali kisah-kisah sukses para pebisnis online yang mereka mampu menghasilkan uang puluhan juta rupiah dari kegiatan bisnis mereka itu. Silakan klik di sini untuk melihat salah satu contoh pebisnis online yang sukses itu. Sebagian pebisnis online itu memasarkan produk mereka berupa barang yang dikirim ke pembeli menggunakan jasa TIKI atau lainnya. Sebagian lagi menjual jasa. Namun ada pula yang tidak berupa benda atau barang, melainkan produk informasi yang dikemas dalam bentuk e-book dan hanya bisa diambil dengan mendownload melalui situsnya. Dan sepertinya produk seperti inilah yang paling mudah dan cepat menghasilkan uang. Silakan lihat contohnya dengan mengklik di sini.Terlepas dari produk apapun yang anda pasarkan, untuk menjadi seorang pebisnis internet yang sukses kunci utamanya adalah strategi promosi online yang anda lakukan. Sebagus apapun sebuah produk tidak akan laku di pasaran online apabila anda tidak pandai mempromosikannya. Berikut saya akan mencoba mengulas sedikit strategi promosi online.


Iklan Mini

Strategi yang paling sering digunakan oleh para pebisnis online untuk mempromosikan bisnis onlinenya adalah dengan menggunakan iklan mini. Di Internet Indonesia,... iklan mini meraih posisi nomor satu dalam kemampuan mempermudah promosi dan pemasaran produk dan sebuah website. Ada dua macam bentuk iklan mini yaitu yang gratis dan berbayar. Kedua-duanya mempunyai kelebihan tertentu. Contoh iklan mini gratis:
http://iklanterpopuler.com

http://iklangratisonline.com
http://iklanbarismu.com
http://iklanonlinemu.com
http://iklanteks.com
Dll…. 

Akan tetapi dikarenakan iklan mini ini gratis maka mempunyai kelemahan yaitu iklan yang kita pasang saat ini akan turun ke bawah beberapa waktu kemudian apabila ada yang memasang setelah kita. Untuk ini maka kita harus sering-sering memasang ulang iklan kita tersebut. Hal ini tentu saja merepotkan kita. Sebab dengan demikian kita harus mengetikkan ulang isi iklan kita tersebut. Ya…. Namanya juga gratis!


Jangan khawatir masalah mengetikkan ulang iklan kita tersebut. Ada satu software gratis yang bisa kita gunakan untuk mengotomatiskan pengetikan iklan tersebut. Anda tinggal melakukan beberapa klik mouse saja maka secara otomatis iklan akan terpasang di situs iklan yang kita kehendaki. Software itu bernama TypeitIn. Silakan download gratis software tersebut di sini.


TypeitIn mempunyai fungsi menyimpan data isian anda seperti nama, email, judul iklan, isi iklan dan lain-lain sesuai settingan anda sendiri. Cara menggunakan software TypeitIn bisa anda klik di sini. 


Iklan Berbayar


Situs iklan mini gratis selain menawarkan iklan gratis juga menawarkan iklan berbayar. Pilihan menggunakan iklan berbayar justru akan membuat sebuah website semakin populer dan menghemat waktu dan energi. Anda bisa memulainya dari yang paling murah lebih dulu seperti perbulan 30.000 rupiah dan kalau anda sudah kelihatan berhasil dan bertambah yakin maka bisa ditingkatkan lagi menjadi yang 100.000 atau lebih. Dengan membayar Iklan anda maka tidak akan perlu lagi memasang ulang karena web produk yang kita pasarkan itu akan ditampilkan terus menerus dalam jangka waktu tertentu atau berdasarkan jumlah klik iklan tergantung pilihan anda. Banyak sekali pilihan menggunakan iklan berbayar tersebut. Di antaranya:


Kliksaya.com
Adsensecamp.com
Kumpulblogger.com
Iklanbaris.co.id
Smsiklan.detik.com
Googleadsense.com
Dll…


Bayangkan betapa banyak waktu yang anda hemat dibandingkan dengan menggunakan iklan gratisan. Anda bisa sambil bekerja atau duduk santai menunggu hasil dari iklan yang kita pasang itu saja. Anda pun juga bisa selain menggunakan iklan berbayar juga menggunakan iklan gratisan kedua-duanya untuk semakin banyak mempromosikan website produk yang anda jual tersebut. Semakin banyak anda mempromosikan website anda semakin banyak orang melihatnya. Kalau makin banyak orang melihat maka akan makin banyak juga kunjungan. Semakin banyak kunjungan akan semakin banyak juga pembelian. Logikanya sukses tidaknya sebuah bisnis tegantung daripada strategi promosi online yang dijalankan. Ciri anda telah berhasil menjalankan strategi promosi online anda adalah dengan banyaknya tampilan website anda di internet dan jumlah kunjungan ke website anda tersebut.

 
Aktif di News Group dan Forum


Jika anda adalah pemain baru di dunia bisnis Internet, anda perlu aktif menunjukkan keberadaan anda serta website anda kepada orang lain. Anda bisa beriklan, atau menulis artikel tertentu yang berkaitan dengan topik website anda.


Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah aktif di newsgroup atau forum di Internet. Ada berbagai macam newsgroup dan forum. Anda bisa menemukannya dengan menggunakan fasilitas search engine dengan memasukkan kata kunci newsgroup ataupun forum mengenai topik tertentu. Misalnya “Internet marketing forum”.


Newsgroup yang kami maksud kami sebut dengan istilah milis. Jika anda adalah pemasar indoensia, sarana milis yang terbanyak bisa anda manfaatkan adalah milik yahoogroups.com.
Konsep sederhana newsgroup atau milis adalah begini: sekelompok orang dengan minat yang sama berkumpul dalam satu komunitas di mana setiap orang di dalamnya bisa melakukan kontak ke seluruh member lainnya. Misalnya, jika suatu milis beranggotakan 1000 orang, dan anda adalah salah satu anggotanya, maka anda bisa mengirim pesan tertentu ke 999 member lainnya dengan menggunakan fasilitas newsgroup.


Untuk bisa aktif di milis/newsgroup, sebelumnya anda harus mendaftarkan alamat email kemudian mengkonfirmasikan pendaftaran. Setelah keangotaan diaktifkan (biasanya secara otomatis) kemudian anda sudah bisa ikut nimbrung berdiskusi mengenai topik tertentu.
Silakan anda akses http://www.yahoogroups.com dan ketikkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan topik pembahasan website anda. Atau jika anda ingin beriklan menggunakan milis, silakan ketikkan kata kunci “iklan” di form pencarian. Anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan daftar milis yang berkaitan dengan topik anda.
Jika anda aktif menulis, berbicara dan berperan serta di suatu newsgroup, maka nama anda akan semakin dikenal. Mereka akan lebih mudah mengunjungi website anda setelah mengenal anda.
Anda juga bisa langsung beriklan di beberapa newsgroup tertentu yang mengijinkan periklanan.


Belum selesai!

0 comments:

Post a Comment

#
### ###