Friends

Saturday, December 11, 2010

Cara Menghapus File Dari CD

Menyimpan file atau menyalinnya kembali dari komputer lain ke komputer anda menggunakan flash disk memang mudah. Akan tetapi harga flash disk kan mahal. Kalau anda lagi mau menghemat uang, ada caranya yang cukup gampang tanpa perlu banyak keluar duit. Anda bisa menyimpan file atau menyalinnya dari komputer lain menggunakan cd dan kemudian anda pun bisa menghapus kembali file yang sudah tidak anda perlukan lagi. Perlu anda ketahui, tidak semua cd bisa dihapus. Cd yang bisa dihapus isinya untuk kemudian diisi lagi berulang-ulang salah satunya adalah CD-RW. Harganya saat ini cuman 5 ribu rupiah. Hemat bukan? Lalu bagaimana cara menghapusnya? Caranya menggunakan software 'Nero'. Nah, ikuti aja tutorial di bawah ini:

  1. Klik dua kali ikon nero pada desktop
  2. Arahkan cursor ke tulisan 'Extras'. Lalu klik tulisan 'Erase CD' satu kali.
  3. Muncul tulisan option: select the erase method to be used. Pilih 'quick-erase rewritabledisc.
  4. Klik tulisan Erase
  5. Proses penghapusan file segera berlangsung. Setelah file berhasil dihapus, maka cd room akan mengeluarkan isinya secara otomatis. Cd-Rw anda telah kosong, dan siap untuk diisi file lainnya lagi!
Cd-Rw bisa diisi ulang dan dihapus lagi sebanyak puluhan kali. Yang terpenting adalah anda menjaga agar jangan sampai piringan optik cdnya tergores karena akan berakibat file yang ada di dalam cd rusak atau tidak dapat dibaca oleh komputer.
Gimana? Mudah, bukan? Gak ada yg sulit, asal kita tau caranya. Kalau gak tau, ya nanya, dong. Atau dibrowse aja dimbah google.

0 comments:

Post a Comment

#
### ###