Friends

Saturday, October 23, 2010

Virus Conficker/Downandp/Kido

Quantcast

Image
Virus Conficker yang juga dikenal sebagai Downadup atau ada yang menyebutnya Kido menyebar ke seluruh internet pada Januari lalu dengan cara sulit dideteksi. Dalam empat hari jutaan komputer telah menjadi korban. Saat ini, virus itu sudah beranak pinak menjadi delapan varian.
Conficker diperkirakan melakukan hal besar pada 1 April dan menyebabkan kiamat pada jaringan internet. Indikasi itu didapat, saat perusahaan keamanan membongkar isi virus dan mendapati kode, Conficker mengontak komputer pembuatnya pada 1 April dan menunggu perintah yang harus dilakukan.
Serangan Conficker ini menjadi topik besar koran dunia. Koran The Sun Inggris menuliskan “Jutaan komputer di seluruh dunia akan meleleh pada 1 April, karena virus yang mematikan. Worm Windows yang disebut Conficker bisa memberikan akses tak terbatas ke mesin yang terinfeksi di seluruh dunia,”.

Sementara The Globe and Mail Kanada menuliskan “World Wide Web (WWW) berpotensi akan rusak, kode berbahaya itu telah menyebabkan militer Prancis harus mendaratkan pesawat tempurnya”.
Selama enam bulan terakhir Conficker telah membuat teknisi komputer tidak bisa tidur nyenyak dalam menjaga sistem komputer perusahaan maupun pemerintahan agar tetap aman. Conficker diperkirakan telah menginfeksi 3 juta hingga 12 juta PC yang menjalankan sistem operasi Windows milik Microsoft Corp.
Conficker pertama kali muncul akhir November lalu, dengan mengeksploitasi permasalahan pada software Microsoft. Raksasa software telah mengeluarkan tambalan, tapi komputer yang belum menginstal tambalan itu masih banyak dan rawan terinfeksi. Lebih gawat lagi virus ini juga bisa menyebar melalui USB flash disk.
Lalu apakah Conficker sudah membuat kerusakan pada 1 April? Sampai saat ini, Conficker.C belum menunjukkan gejala melakukan sesuatu yang besar.
Sementara bagi pengguna computer rumahan maupun perkantoran, Conficker bisa diperintahkan untuk menghancurkan data penting, seperti data MS Office (MS Word, Excel atau database). Selain juga bisa melumpuhkan komputer dengan melakukan format hardisk.
Mendeteksi komputer yang sudah terinfeksi Conficker sangat mudah. Salah satu tanda komputer sudah jadi korban adalah jika lancar berselancar di internet, namun tidak bisa mengakses situs Microsoft.
Termasuk tidak bisa mengakses situs vendor anti virus ternama. Pembuat Conficker memasukkan fitur itu untuk mencegah mesin yang terinfeksi, agar tidak bisa mendowload program penghapus virus.
Pencegahan utama agar tidak tertular Conficker adalah dengan menginstal Patch MS 08-067 yang terdapat di http://www.microsoft.com/technet/security/Bulletin/MS08-067.mspx
Selain itu jaringan komputer harus dilindungi dengan program antivirus yang terupdate . Kemampuan Conficker yang bisa menyebar melalui flashdisk menyebabkan virus ini cepat menyebar di Indonesia. Namun faktor utama Conficker bisa menyebar dengan cepat adalah, karena mengeksploitasi celah keamanan MS 08-067 yang belum ditambal dengan lengkap.
Jika komputer anda terkena Virus Conficker atau anda sekedar mau mengecek apakah kena anda bisa menggunakan beberapa tool conficker di bawah:
AREA DOWNLOAD

0 comments:

Post a Comment

#
### ###