Friends

Tuesday, October 19, 2010

Setting Jaringan pada Ubuntu Linux 8.04 di Dell Vostro A100

Setting Jaringan pada Ubuntu Linux
Melanjutkan dari artikel sebelumnya tentang review Desktop PC Dell Vostro A100, kami mencoba untuk menghadirkan beberapa tips menarik yang dapat anda gunakan untuk memaksimalkan kinerja dari Dell Vostro A100 bersama Ubuntu Linux 8.04 (Hardy Heron).
Pertama, kami coba untuk sharing step by step bagaimana cara mengkoneksikan Dell Vostro dengan komputer yang lain melalui sebuah jaringan. Artikel ini kami hadirkan mengingat saat ini jaringan komputer merupakan kebutuhan pokok dari sebuah aktifitas kerja, terutama apabila menggunakannya di kantor.
Persiapan pertama yang harus anda lakukan, anda harus mempersiapkan sebuah kabel jaringan yang telah dipasangi sebuah konektor RJ45. Apabila anda kesulitan mencarinya, hubungi administrator jaringan di tempat anda untuk mendapatkan spesifikasi mengenai kondisi jaringan beserta panjang kabel yang harus anda siapkan atau adan dapat memesan kabel dan konektor RJ45 pada toko komputer terdekat.
Dengan asumsi anda telah mempunyai kabel jaringan beserta konektor RJ45 yang telah siap digunakan, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengkoneksikan Dell Vostro A100 dengan perangkat lainnya.
  • Pasang ujung kabel/konektor RJ45 pada port jaringan yang ada pada Dell Vostro A100.
    Setting Jaringan pada Ubuntu Linux
  • Pasang ujung yang lain dengan Switch/Hub/komputer lain.
  • Hidupkan Desktop PC anda (anda juga dapat menghubungkan kabel jaringan setelah komputer mnyala).
  • Klick System, Administration, Network.
    Setting Jaringan pada Ubuntu Linux
  • Klik tab Connections dan pilih device jaringan yang akan digunakan (dalam hal ini pilih eth0), kemudian klik Properties.
    Setting Jaringan pada Ubuntu Linux
  • Jika administrator jaringan memberikan sebuah IP sddress pada anda, pilih Static IP address pada bagian Configurations, kemudian masukkan IP address, Subnet mask dan Gateway sesuai dengan yang diberikan. Jika tidak, pilih Automatic configuration (DHCP) pada Configurations.
    Setting Jaringan pada Ubuntu Linux
  • Klik OK dan klik OK lagi pada bagian Network.
Sekarang coba test konfigurasi yang telah anda lakukan tadi dengan cara ping komputer tersebut dengan menggunakan komputer yang lain atau sebaliknya. Untuk lebih mendalami cara penggunaan Dell Vostro A100 pada jaringan yang lebih kompleks dapat melihat referensi dari official website Ubuntu Linux.

Semoga Sukses

0 comments:

Post a Comment

#
### ###