Friends

Tuesday, October 19, 2010

Mengapa Perlu Menggunakan Proxy Server

Proxy Server merupakan sebuah komputer server atau program yang digunakan untuk menangani permintaan dari client untuk melakukan request terhadap konten-konten yang terdapat di internet.
Komputer client dari Proxy Server tidak akan mengetahui apa yang dilakukan oleh Proxy Server, komputer client tersebut hanya mengetahui kalo requestnya langsung ke internet, padahal kenyataaannya sebenarnya requestnya adalah ke Proxy Server, lalu proxy server melakukan request konten yang di minta ke internet dan setelah itu baru Proxy Server memberikan hasilnya ke komputer client.
image
Seperti terlihat pada gambar diatas, pertama Client pertama melakukan request ke Proxy Server. Contoh saja saat kita akan membuaka website Google, maka kita akan mengetikkan url nya, setelah itu Browser akan melakukan request terhadap Proxy Server, lalu Proxy Server akan melakukan request yang diminta client ke internet.
image
Saat web server memberikan respon, maka yang akan menerima respon tersebut adalah Proxy Server. setelah itu Proxy Server meneruskan responnya ke Client, namun selain itu Proxy Server juga melakukan penyimpanan data konten terhadap Cache, biasanya Cache yang digunakan berupa File atau bisa juga Memori.
Andai suatu saat client meminta request konten yang sama ke proxy server, maka hal yang akan terjadi adalah pada gambar dibawah ini :
image
jadi saat Client melakukan request konten yang sama, maka Proxy Server tidak akan melakukan request lagi ke internet, tapi melainkan melakukan request ke Cache proxy Server tersebut.
image
Jika konten yang dimaksud ditemukan dalam Cache, maka proxy Server akan mengembalikan konten yang terdapat dalam Cache tersebut ke Client, dan proxy server tidak akan melakukan request ke Internet. Maka dari itu hal ini akan mempercepat proses request dan juga dapat meminimalisasi penggunaan bandwidth.
Namun jika konten yang diminta client tidak terdapat dalam Cache, atau konten yang terdapat dalam Cache telah usang (basi), maka proses yang akan dilakukan proxy server adalah melakukan request lagi ke internet lalu mengembalikan responnya ke client dan juga memperbaharui konten yang terdapat pada Cache. 

0 comments:

Post a Comment

#
### ###