Friends

Minggu, 21 Agustus 2011

Tutorial System Registry, apa dan mengapa? registry windows image


registry windows imagePada artikel komputer kali ini bintang akan menulis tutorial registry windows. Mungkin sudah banyak artikel windows seperti ini sudah banyak ditulis dan dipublikasikan. Tapi bintang akan tetap menulisnya supaya om google tambah sayang sama nih blog :D System registry di windows boleh dikata bisa disamakan dengan sistem DNA. Dia menyimpan semua informasi setingan komputer kamu. Dan diorganisasi dengan struktur hirarki ya bayangkan aja seperti pohon dengan tangkai pohonnya.
Lanjutkan membaca artikel windows ini jika masih belum mengerti :
Di registry windows terdapat nodes(tangkai pohon) teratas yang disebut dengan hives. Pada node teratas ini anda tidak dapat menambahnya, memodifikasi apalagi menghapusnya. Bukan artikel komputer ini lho yang melarangnya, melainkan om bill gates sendiri yang tidak memperkenankannya.  Kayaknya demi keamanan komputer aja, coba bayangin kalau pemimpin tertinggi silih berganti.
Berikut hives pada registry windows :
  • HKEY_CLASSES_ROOT : Menyimpan informasi yang memastikan file anda dibuka dengan aplikasi yang benar dan konfigurasi data untuk COM.
  • HKEY_CURRENT_USER :  Meyimpan informasi dari user yang login ke windows sekarang.
  • HKEY_LOCAL_MACHINE : Menyimpan informasi tentang setting hardware dan software tanpa menghiraukan user yang login (seluruh user)
  • HKEY_USERS : Menyimpan informasi semua riwayat user pada komputer. Saat user menggunakan windows. HKEY_CURRENT_USER di set sebagai alias untuk spesifik user di HKEY_USERS.
  • HKEY_CURRENT_CONFIG : Menyimpan informasi tentang profile hardware selama stratup
Tutorial  registry windows tidak hanya berhenti sampai disini saja. Karena dibawah hive ada sejumlah key dan dibawahnya ada key (subkey) lagi. NAh pada key ini mengandung satu atau lebih value.
Ada 4 value umum pada  registry windows:
  • REG_SZ : tipe utama untuk menyimpan string
  • REG_EXPAND_SZ : String value yang dapat menyimpan system variable
  • REG_MULTI_SZ : multiply string atau boleh dikata Array
  • REG_BINARY : Menyimpan binary data.
Ini memang bukan sebuah akhir untuk bintang menulis artikel komputer maupun artikel windows di blog ini. Tapi kalimat ini sudah pasti adalah akhir dari tutorial registry windows. Selamat Tinggal!

0 komentar:

Posting Komentar

#
### ###