Friends

Minggu, 21 Agustus 2011

Script Gratis untuk text editor


Dalam membangun web kita setidaknya pastilah ada sebuah text editor. Yaitu sebuah script yang dapat menulis sebuah tulisan layaknya di ms word. Cukup klak klik kluk dan sebuah tulisan penuh warna kehidupan pun jadi. Jadi kita nggak perlu susah-susah lagi mengetik kode HTML aplagi menghafalkannya.Dan bagi pengembang web ini adalah cara membuat website yang efisien. Jadi tidak perlu menulis kode dari awal, cukup gunakan script gratis yang sudah jadi..
Seperti kata pepatah : Kalau sudah ada kayu kenapa pakai rotan (terbalik)
Ada beberapa script gratis (biasanya pakai javascript) yang biasanya digunakan developer dalam membangun web mereka. Berikut beberapa diantaranya :
  1. tinyMCE. Download script gratis ini di tinymce.moxiecode.com/download.php
  2. Rich Text Editor (RTE). download sript gratis ini di dynamicdrive.com/dynamicindex16/richtexteditor/index.htm
  3. openWYSIWYG Download script gratis ini dynamicdrive.com/dynamicindex16/openwysiwyg/index.htm
  4. {tentu masih banyak lagi, tapi karena saya nggak tahu text editor lainnya, jadi nggak  saya tulis :D }
Pada artikel komputer ini, Kita fokuskan ke tinyMCE karena ini adalah text editor paling lengkap dan complete, sejauh ini yang saya tahu.. serta banyaknya ebook gratis maupun berbayar yang merekomendasikan ini. Bahkan WordPress juga pakai kok script gratis ini. Nggak percaya?
Tenang kok, saya bukan tipe cowok pembohong apalagi penipu. Sueerrr!
Setidaknya satu kali saya membangun web dengan text editor ini. Caranya installnya cukup mudah. Tinggal upload ke folder di web,  lalu masukkan kode ini
<script type=”text/javascript” src=”../jscripts/tiny_mce/tiny_mce.js”></script>
Tinggal ubah-ubah sesuai foldernya dimana. Untuk lebih jelasnya bukan bagian folder example, Disana sudah diberikan contoh-contoh yang teramat jelas dalam cara membuat websitenya nanti.
text editor
Kalau dipikir-pikir tinyMCE ini sudah kayak ms word aja, ada plugin save, print, buat table, ganti huruf, karakter, find and replace bahkan ada juga emotion. Khusus untuk plugin gambar, kita harus mencari gambarnya dahulu lalu copy url baru bisa dipakai. Untuk keperluan upload gambar harus diintegrasikan dengan PHP atau bahasa pemograman lain yang sejenis. Maklum ini pakai javascript, bung!
Berbagai fasilitas/plugin itu juga dapat dikurangi. Mengapa harus dikurangi? masak anda mau buat form komentar dengan berbagai fasilitas itu. Paling-paling yang dibutuhkan dari form komentar hanya link,bold, dan emotion.
caranya hapus saja kata-kata setelah plugin : dan juga hapus di theme_advanced_buttons1,2,3 (biar themenya nggak kelihatan rusak).
Semoga artikel komputer ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

#
### ###