Friends

Tuesday, November 16, 2010

Memperbaiki system windows dengan system repair disc di windows 7

System repair disc berguna untuk memperbaiki system windows yang mengalami crash atau kerusakan. Dengan menggunakan system repair disc, kita bisa memperbaiki system yang mengalami trouble, atau crash, bisa juga untuk memperbaiki boot sector atau boot configuration.
Fasilitas yang terdapat pada system repair disc adalah :
  1. Startup repair
    Jika startup repair dipilih, setelah booting, windows akan melakukan scan terhadap kerusakan yang terjadi dan akan memperbaikinya secara otomatis. Kalau di windows xp biasa kita sebut scan disc, disana juga tersedia pilihan automatic fix file system error.
  2. System restore
    Dengan memilih pilihan system restore, kita akan mengakses system restore untuk mengembalikan system pada kondisi saat restore point dibuat.
  3. System image recovery
    Kalau memilih pilihan ini, artinya kita sebelumnya telah membuat semacam backup system. Bisa backup harddisk maupun partisi dimana system tersebut berada.
  4. Windows memory diagnostic
  5. Command Prompt.
    Dengan menggunakan command prompt, kita bisa melakukan perbaikan pada boot configuration data dengan mengetik “bootrec.exe“ kemudian tekan enter. Atau bisa juga dengan mengetik “/fixmbr” jika kita hanya memperbaiki MBR, dan bisa juga dengan mengetik “/fixboot” jika ingin memperbaiki boot sector.

Pada DVD windows 7, fasilitas ini sebenarnya sudah tersedia yaitu “repair your computer”, tetapi jika shobat tidak memiliki DVD Windows 7, mungkin sebaiknya membuat “ system repair disc” ini. Tapi sayang untuk windows xp tidak terdapat fasilitas untuk membuat system repair disc.

Dan untuk membuat system repair disc, berikut langkah-langkahnya :
  1. Klik [start], kemudian ketik “system repair disc” , tekan [enter]
  2. Muncul jendela [create a system repair disc]
  3. Masukkan cd kosong ke dalam cd/dvd rom
  4. Klik [create] dan tunggu hingga proses pembuatan [system repair disc] selesai.


Kini anda telah memiliki sebuah cd repair system. Jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan pada system, maka cd ini dapat anda gunakan untuk memperbaikinya.
Cara menggunakan system repair disc adalah sebagai berikut :
  1. Bootinglah dengan menggunakan cd repair system tersebut, dengan mengatur prioritas boot pada cd/dvd rom.
  2. Ikuti petunjuk yang ditampilkan.
  3. Shobat bisa memilih fasilitas cara memperbaiki system yang rusak dengan pilihan yang ada :
    • Startup repair
    • System restore
    • System image recovery
    • Windows memory diagnostic
    • Command Prompt


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

0 comments:

Post a Comment

#
### ###