Friends

Wednesday, November 24, 2010

Cara uninstall program dalam safe mode

Safe mode adalah salah satu fitur dari operating system windows yang sangat berguna sekali untuk melakukan perbaikan kesalahan atau masalah yang terjadi pada system, yang tidak bisa dilakukan pada saat booting secara normal. Masalah yang sering dihadapi biasanya adalah masalah yang berhubungan dengan virus, atau system tidak stabil, computer sering hang, computer tidak bisa booting secara normal. Banyak yang merekomendasikan untuk melakukan scan virus pada kondisi safe mode, melakukan perubahan regedit atau bisa juga untuk melakukan restore pada kondisi sebelum terjadi masalah / kerusakan dengan menggunakan system restore.


Untuk bisa masuk pada safe mode bisa dilakukan dengan cara menekan tombol F8 pada keyboard pada saat computer sedang booting. Dengan menggunakan tombol navigation atau anak panah keatas dan kebawah pilih safe mode kemudian tekan enter.

Dalam kondisi safe mode ini, tidak semua fitur dan service bisa dijalankan seperti pada saat kondisi normal. Misalnya saja kita tidak bisa melakukan uninstall pada suatu program pada saat dalam safe mode. Hal ini dikarenakan computer tidak bisa mengakses windows installer service. Jika kita melakukan perintah uninstall pada suatu program dalam safe mode, maka akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini.

“The windows installer service could not be accessed. …… “

Nah … agar bisa melakukan uninstall program dalam kondisi safe mode, maka perlu dilakukan sedikit pengaturan pada registry editor.

Masuklah ke registry editor dengan cara klik start, kemudian ketik “regedit” dan tekan enter.

Setelah muncul jendela registry editor, masuklah ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SafeBoot\Minimal

Klik kanan pada folder minimal, kemudian pilih new dan klik key.



Beri nama key tersebut dengan MSIService

Pada jendela sebelah kanan klik ganda pada default dan ubah value datanya menjadi Service



Tutup jendela registry editor.

Untuk mengaktifkan windows installer service pada safe mode, shobat memerlukan freeware atau tools yang bernama SafeMSI. Downloadlah pada link dibawah ini.

Setelah itu klik ganda pada freeware tersebut, dan sekarang windows installer service anda telah aktif.



Sekarang shobat sudah bisa melakukan uninstall program pada kondisi safe mode.

Link download SafeMSI

DOWNLOAD SafeMSI

0 comments:

Post a Comment

#
### ###