Friends

Friday, October 22, 2010

Mengoptimalkan Windows 7 pada Netbook

Windows 7 memang jauh lebih ringan dibandingkan Windows Vista. Tetapi pada kenyataannya, sistem operasi ini masih terasa berat berjalan pada netbook. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa tips untuk mengoptimalkan Windows 7 pada netbook yang diambil dari berbagai sumber di internet dan dirangkum ulang agar lebih mudah dipahami.
Gunakan tema klasik
Salah satu nilai lebih yang dimiliki Windows 7 adalah tampilan grafis yang bagus. Tetapi fitur ini cukup mengganggu apabila digunakan pada komputer/laptop dengan kualitas hardware grafis yang minim. Ini akan menyebabkan proses rendering yang lebih lama yang efeknya membuat komputer/laptop menjadi sangat lambat karena kerja prosesor lebih diarahkan pada proses rendering grafis. Sebaiknya fitur ini di atur/setting ulang, dan matikan fitur windows aero apabila ada. Caranya klik kanan pada desktop dan pilih personalize, lalu pilih windows 7 basic atau windows classic.
Setting ulang Efek visual
Fitur ini juga harus disetting ulang karena efeknya sama seperti penggunaan tema. Caranya klik  Start > Klik kanan pada “Computer” > Properties > Advanced System Settings > Performance > Settings > Pilih tombol yang tulisannya “Adjust for best performance” > Ok. Ini akan mematikan fitur efek visual di Windows 7 yang fungsinya untuk mempercepat sistem
Kecilkan Taskbar/Start Menu
Kalo dilihat dari segi estetika, memang fitur ini sangat bagus, tetapi dari segi performance/kinerja di netbook, ini termasuk salah satu faktor penghambat kecepatan. Untuk mematikan fitur ini lakukan klik kanan pada TaskBar > Properties > pilih Use Small Icons > Pada pilihan Taskbar Button pilih “Combine when taskbar is full” > Apply > Ok
Buang fitur-fitur Windows 7 yang tidak pernah/jarang digunakan
Untuk tips yang satu ini sebenarnya tidak berkatian langsung dengan kinerja Windows 7. Tetapi sebaiknya dimatikan saja karena bisa menghemat harddisk. Klik Start > Control Panel > Programs > Turn Windows features on or Off . Jangan mematikan fitur yang berkaitan dengan services, seperti Microsoft .Net Framework, karena ini diperlukan oleh sistem.
Software 3rd Party
Disamping langkah-langkah di atas, bisa juga digunakan software tweaker untuk Windows 7.
Masih banyak lagi cara-cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan performance Windows 7. Tetapi langkah-langkah yang tertulis di atas adalah untuk mengoptimalkan Windows 7 pada Netbook yang paling utama (walaupun langkah-langkah tersebut juga bisa digunakan pada bukan netbook).
Pada kesempatan yang lain, akan coba saya tuliskan artikel untuk mengoptimalkan kinerja Windows 7 secara keseluruhan.

0 comments:

Post a Comment

#
### ###