Friends

Friday, October 22, 2010

Kenalan dengan Gutsy Gibbon

Kepalang tanggung, setelah muter muter cari distro yang tepat untuk PC sendiri di kantor, dan sudah mencoba mulai dari PCLinuxOS, Linux Mint, FreeSpire, Parsix, Dream Linux, Zen Walk, dan Distro Distro lain, pilihan akhirnya kembali jatuh ke Ubuntu. Ada beberapa alasana kenapa PC saya sendiri menggunakan Ubuntu:
  • Hardware PC saya dukung penuh jalankan Ubuntu (99.99%)
  • Repositories server cukup banyak
  • Mirror Indonesia
  • Komunitas yang besar, termasuk komunitas Indonesia (sayang keanggotaan saya di Forum Ubuntu-ID belum juga di approve
  • Banyak yang make
  • Compiz Fusion *keren
  • Distro yang cukup aktif
Saat ini, saya sedang getol getolnya mencoba segala sesuatu dengan Ubuntu, dan sewaktu Ubuntu merilis versi lanjutan dari Feisty (7.04) yang diberi kode name Gusty Gibbon. Akhir Agustus ini Tribe 5 sudah keluar jadi getol saya ingin mencoba, dan setelah Senin Kemaren (10/09/2007) seharian sukses download, dan pagi ini Install pun berjalan dengan lancar, akhir mulai deh explore apa yang baru dengan nih Gusty :D
Dan seperti yang sudah dibahas di sini, Gusty Gibbon lumayan jauh meninggalkan si Feisty,
Di Gusy Gibbon ini Untuk configurasi xorg.conf nya sudah menggunakan GUI yang cukup menarik seperti di screen cast berikut ini
Screenshot-Screen and Graphics Preferences
Selain itu Apperance Preferences yang merupakan gabungan dari Theme, Background, Fonts, Interface, Desktop Effect sudah menyatu menjadi satu sehingga lebih mudah bagi Linuxer untuk menconfigurasinya.
Screenshot-Appearance Preferences
Fitur yang cukup menarik bagi saya adalah update CUPS, dan juga dukungan lebih baik terhadap Printer, serta manajemen extensi di Firefox, Compiz Fusion dan banyak lagi deh :D Yang jelas saya lagi enjoy ama nih Gutsy Gibbon. semoga saya bisa berkarya dan berkarya lebih di Mesin ini ;)

0 comments:

Post a Comment

#
### ###