Friends

Sunday, July 24, 2011

Monitor AOC 15" layar ada garis-garis putih horisontal


Kemarin aku dapat servisan monitor AOC 15". Kerusakannya kira-kira demikian, waktu pertama kali monitor AOC dinyalakan gambar normal, tapi beberapa menit kemudian mulailah terlihat garis-garis putih horisontal yang sangat mengganggu pandangan mata. Semakin lama garis-garis putih di monitor AOC itu semakin banyak.

Tiba-tiba saya teringat servisan monitor AOC ku yang dulu. Sudah lama aku mengerjakannya tapi nggak jadi-jadi. Pertama kali aku pikir yang rusak adalah IC vertikalnya yaitu TDA9302, maka aku ganti IC tersebut. Setelah diganti ternyata sama saja, masih keluar garis-garis putih horisontal yang sangat mengganggu gambar.

Aku lakukan lagi pengecekan di bagian tegangan kerja dari IC Vertikal ini, yaitu harusnya ada 2 pin yang tegangannya 12vdc dan 1 pin di tengah yang tegangannya -12vdc. Setelah aku cek ternyata tegangan lebih rendah dari yang aku sebutkan tadi. Mungkin inilah penyebab keluarnya garis-garis putih horisontal di layar.... Aku coba ganti Elco-elco filter tegangan kerja tersebut mulai dari 1000uF/25v sampai dengan yang 470uF/25v. Monitor coba aku nyalakan, dan ternyata ........ masih sama saja..

Waduuuhhhh apanya ya..... akhirnya monitor tak biarkan begitu saja sampai ada kira-kira 3 bulan aku dapat servisan yang sama persis. Bahkan kerusakan monitor AOC ini terbilang parah karena monitor dinyalakan langsung keluar garis-garis putih di layar menutupi gambar.

Aku coba konsul ke teman-teman tapi kebanyakan menduga IC vertikalnya rusak, padahal sudah aku ganti tetap sama saja. Suatu saat aku pernah membaca koment di situs tentang monitor yang kerusakannya sama. Akhirnya aku coba cari kerusakannya, ternyata kerusakan komponen ada di kondensator mylar 0.22uF/100v (224/100v). Dari segi fisik komponen ini tidak kelihatan rusak, bahkan kelihatan masih baru. C mylar 0.22uF/100v (224/100v) ini letaknya di bagian output IC vertikal yang menuju ke Yoke Vertikal yang mana C mylar 0.22uF/100v (224/100v)ini bertindak sebagai autocoupler atau penyambung.

Kemudian aku coba ganti C mylar 224/100v ini. Dan..... monitor AOC ini coba aku nyalakan, dan...........ternyata..... garis-garis putih horisontal di layar yang tadinya banyak banget akhirnya hilang dan monitor kembali normal........

begitulah cara memperbaiki / service monitor AOC ini.

Alhamdulillah....... akhirnya malam itu juga 2 monitor berhasil aku servis.........

0 comments:

Post a Comment

#
### ###